Mediamerupakan perantara pesan dalam komunikasi agar pesan yang disampaikan dapat diterima oleh para khalayak luas. Ada beberapa bentuk media, yaitu media cetak ,media elektronik, dan media siber. Contoh media cetak adalah surat kabar,tabloid, dan majalah.

Untuk media elektronik yaitu radio, televisi, film atauvideo. Sedangkan media siber seperti website, blog, media sosial. Dari sekianbanyaknya media yang ada, salah satu media yang sudah ada sejak zaman dahuluadalah radio.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Radiomerupakan salah satu media penyiaran yang memiliki peran dalam penyampaianinformasi secara lisan kepada audiensnya agar dapat ditangkap serta didengaroleh para pendengar radio tersebut.Radio memang sangat cepat berkembang dalam menyiarkan berbagai informasi, radiodapat berfungsi sebagai wadah media dalam bentuk, komunikasi, expresi,informasi, pendidikan maupun hiburan.Dari beberapa kelebihan yang dimiliki olehradio menjadikan media ini banyak diminati oleh masyarakat dan menarik untukdidengarkan, baik remaja, dewasa maupun anak-anak. Selain itu radio jugamemiliki kekuatan terbesar sebagai media yang memiliki pikiran berimajinasi,sebab sebagai media yang buta karena kita hanya bisa mendengarkan penyiarbercerita maupun menyampaikan materi dengan kata-kata serta kalimat yang dituturkanya. Radio juga mendorong begitu banyak suara dan berupayamenvisualisasikan ruang penyiar atau informasi penyiar melalui telingapendengar. Dengan mendengarkan siaran radio pendengar bisa berimajinasi denganbebas, karena pendengar agar bisa mengandai-andai atau merasakan suasana yangberbeda dengan media audio tanpa mereka melihat namun dapat merasakanya melaluipesan yang disampaikan oleh penyiar.

Pendengar dapat berimajinasi seperti denganadanya program acara talk show atau ceramah maupun acara lainya yangdihidangkan oleh penyiar. Radio merupakan media elektronik yang menyampaikaninformasi melalui lisan, sehingga sebagai audienceatau pendengar sebaiknya juga harus menjadi pendengar yang baik pula. Tidaksemudah yang dibayangkan jika ingin menjadi penyiar, sebab kualitas sertapengalaman penyiar juga di pertimbangkan dalam hal ini karena seorang penyiardalam menyampaikan materi kepada audiencetidak hanya berupa audio saja, namun pesan yang disampaikan harus jelas agardapat tersampaikan dengan baik dan dapat diterima oleh para audiens ataupendengar.Ada tiga hal menurut Effendy (1981: 180-185),radio siaran sifatnya adalah langsung, yang kedua adalah siaran tidak mengenaljarak dan waktu, dan yang ketiga adalah radio memiliki daya tarik yang kuat.Yang pertama radio sifatnya langsung, maksud dari sifat langsung itu adalahuntuk mencapai sasaranya yaitu pendengar. Bagaimana caranya radio tersebut agarmencapai para sasaranya itu adalah dengan program yang kompleks.yang keduaadalah radio tidak mengenal jarak dan waktu, dimana terdapat banyak sekaliradio yang bersaing dalam hal ingin menjadi radio yang terbaik dari semuapesaingnya. Dengantanpa mengenal jarak dan waktu akan menjadi suatu keunggulan dalam radiotersebut agar lebih di kenal dengan masyarakat secara luas.

Yang ketiga adalahmempunyai daya tarik yang kuat, mengapa dikatakan seperti itu, karena radiosifatnya yang serba hidup. Ketiga sifat tersebut yang ada pada media radioadalah musik, cerita yang di sampaikan oleh penyiar beserta efek suara. Pemahaman terhadap karakteristik media radioharus juga dikuasai oleh penyiar sebagai pengetahuan awal untuk mendukungkemampuan dalam menyampaikan pesan-pesan kepada pendengar sesuai dengankaidah-kaidah siaran di media tersebut. Itulah sebabnya mengapa ketrampilanpenyiar dalam menyampaikan sebuah siaran sangat diperlukan karena dengankualitas yang memadai serta mumpuni dapat menjadi salah satu alasan mengapapendengar atau audience pantasmemilih frekuensi radio yang dipilihnya serta agar pesan yang tersampaikan bisaditerima dengan baik oleh pendengar nantinya, untuk itu radio melakukanbeberapa strategi agar dapat meningkatkan kualitas penyiar serta dapatmengupayakan  penyiar dalam menyajikanmateri dengan baik. Mediamassa yang berkembang dengan cepat dan jumlahnya melebihi dengan media massalainya di salatiga salah satunya adalah radio.

Jumlah radio di Salatigaterdapat 17 radio yang terdaftar yang diantaranya 16 radio menggunakangelombang FM dan satu radio dengan gelombang AM. Perkembangan radio di salatigasangat cepat dan maju, walaupun Salatiga kotakecil namun memiliki SDM yang mumpuni, terbukti dengan adanya radio yangberjumlah 17 itu merupakan sebuah perkembangan media massa elektronik yangsangat pesat, bayangkan saja kota kecil seperti di Salatiga memiliki 17 radio,dan salah satunya adalah radio Zenith FM dengan jingle cool station.Dengan pengalaman puluhan tahun bukan berarti Zenithselalu menjadi yang di dengarkan oleh pendengar Salatiga, namun ada salah saturadio yang berbeda dengan Zenith, dimana radio ini segmentasinya adalah paraibu rumah tangga dan karyawan dengan presentasenya 50%, yaitu radio Elisa FMdengan frekuensinya 103.9 FM . Salah satu kelebihan radio ini adalahjangkauanya luas, tidak hanya di Salatiga melainkan hingga ke daerah sekitarnyaseperti Ampel, Bawen, Ambarawa, Bandungan, Kab.

Semarang, Purwodadi, dan Kudus.Selain itu juga terdapat beberapa upaya yang ingindiwujudkan oleh Radio Elisa, misalnya manajemen yang kreatif, yang dikemassecara efisien dan efektif, didorong oleh karyawan yang solid, mempunyai etoskerja yang kuat, bertanggung jawab, jujur, loyal dan disiplin dalam kerja.Radio memiliki beberapa jenis program, semisal dengan RadioZenith dengan salah satu programnya yaitu “Salatiga Bergoyang” yang jadwalnyamulai dari hari senin hingga sabtu pada jam 06.00-09.

00, sedangkan radio elisaFM dengan salah satu programnya yaitu campur sari yang jadwalnya dari harisenin sampai sabtu pada jam 14.00-16.00. Radio zenith yang dulunya menyorotkepada kawula muda namun sekarang beralih tidak hanya kawula muda namun kepadaorangtua,sedangkan radio Elisa sasaranya lebih menyorot kepada orang yang berusia25-60 tahun. Namun uniknya, kedua radio ini di siarkan oleh anak muda yangmemiliki tujuan tertentu dalam mencapai sebuah target melalui programandalanya.

Strategi yang dijalankan oleh radio tentunya akan memberikandampak pada peningkatan kualitas penyiar yang ada. Selain itu juga radio takakan lepas dari yang namanya sebuah program acara sebagai modal untukberkembang dan maju. Tidak mudah untuk memilih program acara untuk sebuahradio, perlu pertimbangan yang harus di perhitungkan karena harus mengetahuisasaran program tersebut dan kapan waktu yang cocok untuk menyiarkan programtersebut. Sehingga para audiens agar merasa terhibur dan tidak merasa bosandengan program acara yang di sampaikan oleh penyiar kepada audiens nantinya.

Sebuah program harus dikemas dengan kreatif dan fresh, agaraudiens memiliki alasan tersendiri mengapa mereka memilih radio tersebut.seperti halnya radio yang berada di Salatiga yakni radio Zenith dan radioElisa, kedua radio ini sudah lama berdiri dan tak perlu di ragukan lagikualitas SDM penyiarnya yang memiliki keahlian dan kemampuan serta pengetahuanyang paham dengan masayarakat di kota salatiga khususnya. Kedua radio tersebutmemiliki pengalaman yang sudah  lamaserta memiliki visi misi yang berbeda serta program acara yang berbedatentunya.

Audience atau pendengar berhak menentukan mana radio yang mereka pilihatau sebagai radio andalan mereka. Disini lah yang menjadi tantangan penyiardan teamwork dari stasiun radio untukmemilih program atau acara yang di sajikan untuk para pendengar yang tentunyamenarik serta dapat mempertahankan para pendengar agar nyaman dan tidakmengganti frekuensi mereka karena program yang kurang menarik.Program yang segar serta kreatif menjadi sebuah tantanganbagi para radio untuk meraih para pendengar radio agar mendapatkan rating yangdiharapkan nantinya. Berbicara sedikit mengenai kreatif, ialah menciptakansebuah gagasan yang sebelumnya belum pernah ada. Dari sini lah penulis tertarikuntuk mendiskripsikan bagaimana strategi kreatif program kedua radio tersebutdalam meraih minat pendengar di salatiga tentunya.

x

Hi!
I'm Erica!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out