2.                  Menurut saya, untuk memahami ilmu kehidupan dan teknologilebih baik menggunakan pemikiran sistem. Pemikiran sistem adalah pemikiran secara menyeluruh yang mementingkanhubungan antar elemen-elemen dalam sistem.

Pemikiran linear adalah caraanalisis tradisional yang mempelajari sistem dengan memisahkanelemen-elemennya. Jadi pemikiran sistem prosesnya seperti siklus yang melihatgejala dan penyebab untuk menyimpulkan penyelesaian, sedangkan pemikiran linearprosesnya itutunggal, hanya ada satu jalan menuju penyelesaian yang mengabaikan kemungkinandan alternatif , sehinggapemikiran linear tidak menghasilkan output yang akurat dan realistis.Pemikiran sistem memperhatikan elemen-elemen dari sistem danhubungannya, sehingga sangat memahami elemen-elemen sistem secara keseluruhan danmendetail.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Hal tersebut dapat menghindari output yang tidak diinginkan. Pemikiransistem dapat menyelesaikan permasalahan kompleks dengan sangat efektif, karena memilikibanyak feedback baik internal maupun eksternal dan masalah yang bergantung padakejadian masa lampau atau kejadian lain dibandingkan dengan pemikiran linear.Pemikiran sistem mengkombinasikanantara pemikiran analitik(kemampuanmengurai elemen-elemen suatu masalah) dengan pemikiran sintetik (memadukanelemen-elemen menjadi kesatuan). Analisis bertujuanuntuk memahami elemen-elemen suatu permasalahan.

Misalnya, mengapa terjadibanjir dan longsor di suatu daerah? Maka, kita perlu meneliti: saluran air,kondisi tanah, aliran sungai, kondisi gunung atau hutan di hulu, dan curahhujan yang terjadi.  Setelah itu dilakukan sintesis, yang bertujuan untuk memahamibagaimana elemen-elemen itu berfungsi secara bersama-sama. Di sini kitadituntut memahami elemen-elemen tersebut secara mendasar sebelum memadukannya.

Kita bisa melihat hubungan yang jelas antara curah hujan yang tinggi dengankondisi hutan atau gunung yang gundul, lalu menyebabkan aliran sungai yangsangat deras dan akhirnya menyembur ke daerah tertentu. Kondisi makin parah,apabila saluran air di daerah sangat buruk, sehingga tak bisa menampung aliranair yang melimpah (banjir) dan kondisi tanah yang rawan hingga menyebabkanlongsor.

x

Hi!
I'm Erica!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out